Jatim Penyaji dan Pemusik Terpilih Konser Karawitan  

JAKARTA: Delegasi Provinsi Jawa Timur berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu 5 (lima) penyaji terpilih dalam Konser Karawitan Anak tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Gedung Kesenian Jakarta, 18 – 22 April 2019. Selain itu Jatim juga meraih penghargaan sebagai salah satu dari 10 (sepuluh) pemusik terpilih atas nama Muhamad Ismail sebagai pengendang.

Kontingen Jatim ini diwakili oleh Kabupaten Banyuwangi karena sebelumnya menjadi juara 1 (pertama) dalam Lomba Musik Tradisi katagori usia 7 – 12 Tahun yang digelar dalam rangkaian Pekan Cipta Seni Pelajar (PCSP) 2019 di gedung kesenian Cak Durasim Surabaya, Kamis (4/4). Dalam acara yang sama Banyuwangi juga memperoleh penghargaan sebagai salah satu dari 3 (tiga) Penata Musik Terbaik tanpa peringkat atas nama Achzana Ilhamy dengan judul karya “Menciringe Lencir Kuning.”

Judul karya yang sama juga dibawakan oleh delegasi Banyuwangi yang kali ini berangkat atas nama provinsi Jawa Timur dalam Konser Karawitan Anak Idonesia (KKAI) yang diikuti oleh 29 (dua puluh sembilan) provinsi di seluruh Indonesia.

Dewan Juri yang mengamati KKAI ini terdiri dari  Embi C Noer, Suhendi Afryanto, Gilang Ramadhan, Jabatin Bangun dan Bens Leo.

Adapun pemenang selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • 5 Penyaji Terpilih: Papua, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Timur.
  • 5 penata Artistik Terpilih: Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Timur, Bali dan Lampung
  • 10 Pemusik Terpilih: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jambi, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara dan Jawa Timur.
  • 10 Penata Musik Terpilih: Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Riau, Gorontalo, Kalimantan Utara dan Banten. (LR)