PEKAN CIPTA SENI DAN PARADE SENI PERTUNJUKAN ANAK

UPT Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPPK) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pekan Cipta Seni (PCS) Tahun 2019  dengan tema “Membentuk Generasi Millenial Yang Berbudaya Untuk Berprestasi.” Acara yang semula bernama Pekan Seni Pelajar (PSP) ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) kategori usia, yaitu:  A. Kategori usia 7 – 12 tahun,  B. Kategori usia 13 – 15 tahun C. Kategori usia 16 – 18 tahun   yang merupakan utusan dari  Kabupaten / Kota di Jawa Timur. Katagori B dan C dilaksanakan hari Jumat (5/4) di tempat yang sama.

Secara formal, PCS dibuka tanggal 24 April 2019 di Kota Malang hingga tanggal 26 April, tetapi karena untuk menyesuaikan dengan jadwal pelaksanaan Festival Musik Tradisi tingkat nasional yang diselenggarakan tanggal 16 April maka seleksi tingkat Jatim untuk Lomba Musik Tradisi dilakukan lebih dulu di gedung kesenian Cak Durasim Surabaya, Kamis (4/4).

Selain musik tradisi, yang sudah dilaksanakan lebih awal, PCS meliputi beberapa cabang kesenian yaitu Lomba Pawai Budaya, Teater Tradisi, Seni Lukis, Seni Poster, Seni Desan Tekstil, Seni Patung, Seni Tari, Qasidah, Paduan Suara, Seni Cipta dan Baca Puisi, serta Lomba Musikalisasi Puisi. Acara dilangsungkan di beberapa tempat di kota Malang, yaitu Taman Krida Budaya Jatim, Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang dan Gedung Kesenian Gajayana Kota Malang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar, MM, mengatakan bahwa Kegiatan Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur adalah rangkaian kegiatan Peningkatan Cipta Seni Pelajar dan Parade Seni Pertunjukan Anak sebagai  ajang kompetisi untuk berprestasi di bidang seni budaya sehingga mampu meningkatkan kreativitas dan apresisasi bagi generasi muda. Menjunjung tinggi rasa kebersamaan antar generasi muda gotong royong untuk saling memiliki dan menghormati. Melalui kegiatan Peningkatan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur yang selain sebagai ajang kompetisi bagi generasi muda juga bentuk reaktualisasi dan reviltalisasi kesenian yang ada di daerah.

Peran serta Kabupaten / Kota di Jawa Timur dalam Kegiatan Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur dalam rangka mendukung perkembangan seni budaya yang ada didaerah. Rangkaian kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi dibidang seni budaya dengan berakar dari local genius daerah masing – masing di Provinsi Jawa Timur mampu menjunjung tinggi rasa kepedulian kita terhadap pelestarian seni budaya.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diselenggarakan Pergelaran Ludruk Lerok Anyar, Sabtu (27/4) dan Pekan Seni Pertunjukan Anak jenjang usia 7-12 tahun dan usia 13-15 tahun, pada tanggal 28-29 April di Taman Krida Budaya Jatim, Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang. Acara ini merupakan ajang kompetisi Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) yang biasanya diselenggarakan di Surabaya. (LR)